2. 1. Buatlah
dua paragraf argumentasi berkaitan dengan pentingnya penggunaan bahasa
Indonesia di dalam kegiatan perkuliahan berkaitan dengan ekonomi manajemen!
Jawab =
1) Bahasa
Indonesia merupakan bahasa yang paling penting untuk dipelajari. Kita sebagai mahasiswa
sangat penting untuk mempelajari hal dasar seperti penggunaan kalimat,
pelafalan, intonasi, bahkan tanda baca. Ekonomi manajemen bukan hanya sekedar
kemampuan memanajemen sesuatu, tapi juga memperhatikan penggunaan bahasa yang
baik dan benar. Disaat kita sudah memasuk semester akhir, kita akan membuat
skripsi yang dimana itu menjadi syarat kita untuk lulus. Pada pembuatan skripsi
lah kemampuan berbahasa Indonesia kita dipertanggung jawabkan.
2) Saat
kita sudah lulus dari dari perkuliahan, kita akan bekerja. Dalam hal bekerja
itulah kita harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Apalagi
jika kita bekerja dalam dunia bisnis dan perkantoran. Hal itu sangat
berpengaruh dalam kemampuan berbahasa Indonesia yang sudah kita pelajari sejak
SD. Dan bahasa Indonesia pun akan terus digunakan karena kita berwarga negara
Indonesia.
2. 2.Sebutkan
tiga kendala dalam mempelajari bahasa Indonesia di Fakultas Ekonomi Manajemen
Universitas Pekalongan sesuai dengan pengalaman pribadi masing-masing
mahasiswa!
Jawab =
a. Penggunaan
tanda baca
b. Suasana
kelas yang tidak kondusif karena terlalu banyaknya mahasiswa
c. Penggunaan
kalimat sambung (contoh penggunaanya, itu disambung atau dipisah, penggunaan nya)
3. 3. Berapa
jumlah buku yang kalian baca dalam satu minggu selama pembelajaran daring
(online) berkaitan dengan wabah covid-19, sebutkan judul penulis atau pengarangnya!
Jawab = 1 (Callously,
karya Adoreyna)
4. 4. .Beri
penjelasan tentang fase berbahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dan Nasional!
Jawab =
·
Fase I : Bahasa Melayu sebagai bahasa
daerah, yaitu karena sebagai bahasa nusantara Bahasa melayu setara dengan bahasa
Jawa dan seterusnya
·
Fase II : bahasa melayu sebagai lingua
franca, yaitu digunakan alat komunikasi antar pulau
·
Fase III : bahasa melayu menjadi bahasa
Indonesia sebagai bahasa nasional, yaitu kerelaan suku menganggap bahasa melayu
sebagai bahasa nasional
·
Fase IV : bahasa Indonesia sebagai
bahasa nasional dan bahasa negara, yaitu tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan
bahasa persatuan bahasa Indonesia. Dan bahasa Indonesia dikukuhkan menjadi
bahasa nasional.
·
Fase V : bahasa Indonesia dalam fase
perkembangan dan pembinaan sebagai bahasa kebudayaan dan bahasa ilmu
pengetahuan yaitu kenapa harus dibina karena agar tergeser dengan bahasa asing.
5. 5,Beri
penjelasan mengapa bahasa Melayu Riau Tinggi dijadikan bahasa persatuan (bahasa
indonesia)!
Jawab = karena kedudukanya yang
telah lama sebagai bahasa perhubugan antarpulau (lingua franca) , bentuk tata
bahasanya yang luwes dan mudah dipelajari dan bahasa melayu yang hanya mengenai
tingkatan berbahasa (speech level)
6. 6. Sebutkan
fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional!
Jawab =
·
Bahasa Indonesia sebagai lambang
kebanggan nasional
·
Bahasa Indonesia sebagai lambang
identitas nasional
·
Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu
berbagai suku bangsa
·
Bahasa Indonesia alat perhubungan
antardaerah dan antarbudaya
7. 7. Sebutkan
fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara!
§ Bahasa
Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan
§ Bahasa
Indonesia sebagai alat perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan
pembangunan dan pemerintah
§ Bahasa
Indonesia sebagai alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK
8. 8. Sebutkan
dan jelaskan empat ketrampilan berbahasa Indonesia yang harus dikuasai oleh
mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah bahasa Indonesia!
Ø Keterampilan
menyimak (listening skill)
Menyimak
merupakan salah satu jenis keterampilan berbahsa ragam lisan yang bersifat
reseptif. Dengan demikian menyimak tidak sekedar kegiatan mendengarkan tetapi
juga memahaminya
Ø Keterampilan
berbicara (speaking skills)
Berbicara
merupakan salah satu jenis ketrampilan berbahasa ragam lisan yang bersifat
produktif. Percakapan secara tatap muka dan berbicara.
Ø Ketrampilan
membaca (reading skills)
Salah
satu jenis keterampilan berbahasa ragam tulis yang bersifat reseptif. Mengenal
sistem yang digunakan dan banyak mengetahui kosakata.
Ø Ketrampilan
menulis (writing skills)
Salah
satu jenis ketrampilan berbahasa ragam tulis yang bersifat produktif.
Mengembangkan dan menuangkan pikiran-pikiran dalam suatu struktur tulisan yang
teratur. Menggunakan bentuk kata, struktur kalimat dan memilih genre yang
tepat.
9. 9.Jelaskan
wujud bahasa tulis!
Jawab = wujud bahasa tulis adalah
bentuk bahasa lisan yang menggunakan aksara sebagai sarananya bahasa tulis
unsur utamanya adalah huruf huruf. Bahasa tulis dibagi menjadi dua ragam, yaitu
yang menggunakan bahasa baku dan tidak baku. Bahasa tulis baku umumnya
digunakan pada urusan karya ilmiah dan kewartawanan sedangkan ragam tidak baku
dapat berupa obrolan di media sosial atau sehari-hari.
1 10. Carilah
sepuluh kata tidak baku, kemudian cari kata baku yang sesuai dengan aturan kbbi
atau aturan bahasa Indonesia!
|
Kata
baku
|
kata NON baku
|
|
Kaidah
|
KAEDAH
|
|
KARIER
|
KARIR
|
|
KUITANSI
|
KWITANSI
|
|
LUBANG
|
LOBANG
|
|
APOTEK
|
APOTIK
|
|
ATLET
|
ATLIT
|
|
AKHIR
|
AHIR
|
|
RISIKO
|
RESIKO
|
|
SILAKAN
|
SILAHKAN
|
|
SISTEM
|
SISTIM
|
Jawab =
Tidak ada komentar:
Posting Komentar