Senin, 13 April 2020

UTS BAHASA INDONESIA




2.      1.     Buatlah dua paragraf argumentasi berkaitan dengan pentingnya penggunaan bahasa Indonesia di dalam kegiatan perkuliahan berkaitan dengan ekonomi manajemen!
Jawab =
1)      Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang paling penting untuk dipelajari. Kita sebagai mahasiswa sangat penting untuk mempelajari hal dasar seperti penggunaan kalimat, pelafalan, intonasi, bahkan tanda baca. Ekonomi manajemen bukan hanya sekedar kemampuan memanajemen sesuatu, tapi juga memperhatikan penggunaan bahasa yang baik dan benar. Disaat kita sudah memasuk semester akhir, kita akan membuat skripsi yang dimana itu menjadi syarat kita untuk lulus. Pada pembuatan skripsi lah kemampuan berbahasa Indonesia kita dipertanggung jawabkan.
2)      Saat kita sudah lulus dari dari perkuliahan, kita akan bekerja. Dalam hal bekerja itulah kita harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Apalagi jika kita bekerja dalam dunia bisnis dan perkantoran. Hal itu sangat berpengaruh dalam kemampuan berbahasa Indonesia yang sudah kita pelajari sejak SD. Dan bahasa Indonesia pun akan terus digunakan karena kita berwarga negara Indonesia.
2.      2.Sebutkan tiga kendala dalam mempelajari bahasa Indonesia di Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Pekalongan sesuai dengan pengalaman pribadi masing-masing mahasiswa!
Jawab =
a.       Penggunaan tanda baca
b.      Suasana kelas yang tidak kondusif karena terlalu banyaknya mahasiswa
c.       Penggunaan kalimat sambung (contoh penggunaanya, itu disambung atau dipisah, penggunaan nya)
3.     3. Berapa jumlah buku yang kalian baca dalam satu minggu selama pembelajaran daring (online) berkaitan dengan wabah covid-19, sebutkan judul penulis atau pengarangnya!
Jawab =  1 (Callously, karya Adoreyna)
4.     4. .Beri penjelasan tentang fase berbahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dan Nasional!
Jawab =
·         Fase I : Bahasa Melayu sebagai bahasa daerah, yaitu karena sebagai bahasa nusantara Bahasa melayu setara dengan bahasa Jawa dan seterusnya
·         Fase II : bahasa melayu sebagai lingua franca, yaitu digunakan alat komunikasi antar pulau
·         Fase III : bahasa melayu menjadi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, yaitu kerelaan suku menganggap bahasa melayu sebagai bahasa nasional
·         Fase IV : bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara, yaitu tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bahasa Indonesia. Dan bahasa Indonesia dikukuhkan menjadi bahasa nasional.
·         Fase V : bahasa Indonesia dalam fase perkembangan dan pembinaan sebagai bahasa kebudayaan dan bahasa ilmu pengetahuan yaitu kenapa harus dibina karena agar tergeser dengan bahasa asing.
5.      5,Beri penjelasan mengapa bahasa Melayu Riau Tinggi dijadikan bahasa persatuan (bahasa indonesia)!
Jawab = karena kedudukanya yang telah lama sebagai bahasa perhubugan antarpulau (lingua franca) , bentuk tata bahasanya yang luwes dan mudah dipelajari dan bahasa melayu yang hanya mengenai tingkatan berbahasa (speech level)

6.     6. Sebutkan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional!
Jawab =

·         Bahasa Indonesia sebagai lambang kebanggan nasional
·         Bahasa Indonesia sebagai lambang identitas nasional
·         Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu berbagai suku bangsa
·         Bahasa Indonesia alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya
7.     7. Sebutkan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara!
§  Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan
§  Bahasa Indonesia sebagai alat perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan pembangunan dan pemerintah
§  Bahasa Indonesia sebagai alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK
8.     8. Sebutkan dan jelaskan empat ketrampilan berbahasa Indonesia yang harus dikuasai oleh mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah bahasa Indonesia!
Ø  Keterampilan menyimak (listening skill)
Menyimak merupakan salah satu jenis keterampilan berbahsa ragam lisan yang bersifat reseptif. Dengan demikian menyimak tidak sekedar kegiatan mendengarkan tetapi juga memahaminya
Ø  Keterampilan berbicara (speaking skills)
Berbicara merupakan salah satu jenis ketrampilan berbahasa ragam lisan yang bersifat produktif. Percakapan secara tatap muka dan berbicara.
Ø  Ketrampilan membaca (reading skills)
Salah satu jenis keterampilan berbahasa ragam tulis yang bersifat reseptif. Mengenal sistem yang digunakan dan banyak mengetahui kosakata.
Ø  Ketrampilan menulis (writing skills)
Salah satu jenis ketrampilan berbahasa ragam tulis yang bersifat produktif. Mengembangkan dan menuangkan pikiran-pikiran dalam suatu struktur tulisan yang teratur. Menggunakan bentuk kata, struktur kalimat dan memilih genre yang tepat.
9.      9.Jelaskan wujud bahasa tulis!
Jawab = wujud bahasa tulis adalah bentuk bahasa lisan yang menggunakan aksara sebagai sarananya bahasa tulis unsur utamanya adalah huruf huruf. Bahasa tulis dibagi menjadi dua ragam, yaitu yang menggunakan bahasa baku dan tidak baku. Bahasa tulis baku umumnya digunakan pada urusan karya ilmiah dan kewartawanan sedangkan ragam tidak baku dapat berupa obrolan di media sosial atau sehari-hari.
1    10.  Carilah sepuluh kata tidak baku, kemudian cari kata baku yang sesuai dengan aturan kbbi atau aturan bahasa Indonesia!
Kata baku
kata NON baku
Kaidah
KAEDAH
KARIER
KARIR
KUITANSI
KWITANSI
LUBANG
LOBANG
APOTEK
APOTIK
ATLET
ATLIT
AKHIR
AHIR
RISIKO
RESIKO
SILAKAN
SILAHKAN
SISTEM
SISTIM
Jawab =
 

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar